jam 7 turun kasur langsung mandi. bangun begitu dsms angga katanya mau dijemput jam 7.20. hari ini kita ada jadwal foto sekelas pake seragam putih abu-abu sama foto pake aksesoris adat jam 8. sumpa yaaaa kalo kameraku sehat wal'afiat, postingan seminggu ini bakalan banyak fotonya gara-gara aktivitas padat merayap.
selesai mandi, aku nyiapin barang-barang yang mau aku bawa. sebagian besar aku masukin koper semua. sekilas info nih, aku bela-belain bawa koper habisnya so many stuff yang harus dibawa. kalo pake koper kan enak, praktis dan ga ribet. termasuk paperbag yang isinya kado buat dio juga tak jejelin di koper. untung muat.
setengah 8 angga baru dateng. pas mau berangkat ditanyai sama mak pon.
mak pon : lho mbak ate nang ndi kok nggowo macem2 ?
aku : minggat mak
mak pon : wealaaaa kok minggat to ?
oke, fyi aja nih yaa. mak pon ini pembantu yang paling polos dalam sejarah kepembantuan dalam keluargaku. bener-bener polos sampe terkesan bego. kadang aku sempet emosi kalo ngomong sama orang ini, polosnya itu lhooooo mampus ! habis pembicaraan pendek dan ga penting sama mak pon ini, aku berangkat dalam kondisi belom sarapan. mek maem coklat caca crackers itupun cuma berapa butir. padahal alamat baru pulang ntar sore dan kemungkinan besar di lokasi ga ada makanan berat. sip dah !
sampe di lokasi foto (baca:ruma mas ivan) ternyata belom ada yang dateng. padahal aku sama angga uda telat 10 menit. pada molor semua nih kayanya. dan beneran. jam setengah 9 baru lengkap. trus anak-anak cewek langsung makeup-an semua. begitu selesai makeup-an langsung deh foto satu-satu sambil pake aksesoris adat *aku mengistilahkan udeng. yang cowok juga makeup-an lhoo! pertamanya se mau pake bedak aja. tapi ternyata kurang keliatan, jadilah cowok-cowok juga dipakein foundation. yang makein sapa? jelas cewek-cewek! rata-rata cewek pada komentar pas ngolesin foundation di daerah kumis ama jenggot. contohnya si dita yang paling ga kuat pas ngeratain foundation di jenggot ibe. keri-keri gimanaaa gitu. tapi emang se, pas aku ngeratain di bagian kumisnya dio juga keri. kumise mlungker-mlungker se. ada kejadian lucu juga soal lipstik. cowok-cowok bener-bener ogah kalo kudu pake lipstik. awalnya pada ga mau, tapi akhirnya mau semua. gara-garanya kalo ga pake lipstik, bibirnya jadi pucet kaya mayat idup. nah pas aku mau ngolesin lipstik ke bibir rio, dia langsung bikin bibirnya njedir jelek banget. tapi njedirnya ini bikin ngakak. saking jeleknya mungkin.
selesai foto pake udeng. kita foto seragam dengan kondisi muka masi penuh makeup. gaya pertama free. gaya kedua lompat. gaya ketiga teriak. gaya keempat pose pake mobil. di gaya yang kedua, aku ambil posisi di depan *padahal sepanjang foto emang ambil posisi depan* dan ternyata itu kesalahan. pas lompat, rokku naik *sialan*. wfasik wes !
foto seragam beres. briefing bentar sama anak-anak. ngomongin hal-hal yang masi belom jelas sekalian ngumpulin duit buat bayar foto ama sewa udeng. briefing selesai, anak-anak pada pulang. tinggal aku, yoli, tutu, dita, sama rio cs. rio cs lagi siap-siap buat foto frame mereka. lha aku sama 3 cewek yang tersisa beres-beres ruma mas ivan yang kaya kapal pecah. udeng keleleran, sampah dimana-mana, alat makeup ngglendhang ga karuan. dimulai dari checking udeng. dipisahin antara yang uda dipake foto ama yang belom. masalah udeng selesai, ganti ngurusin sampah. mungutin tisu sama gelas-gelas aqua yang keleleran. habis itu ngerapiin makeup biar ntar kalo mau pake lagi gampang. uda beres semuanya, cewek-cewek pada pulang. tinggal aku sama rio cs. aku nemeni mereka foto session sampe kelar.
selesai semuanya, aku pulang. inget kalo belom makan sama sekali. seharian cuma maem sakcuil roti sobek sama ngglogok pepsi mboh ping piro ae. jan ga sehat blas! begitu sampe ruma minta dibikinin teh anget sama mbok. trus maem habis itu tidur.
what a daaaaay