Kemarin ujian CBT aku dapet shift siang. Dari pagi udah gaduh gelisah, rasanya kaya masih banyak banget yang belum aku pelajari. Rasanya otak masih kosong. Deg-deg annya luar biasa. Bahkan pagi itu sempat menyesal kenapa belajarnya kurang ngoyo. Kaya banyak main-mainnya, banyak malesnya, banyak banget ketidurannya.
Detik-detik sebelum berangkat, sempat ngeline pacar. Cuma kirim stiker doang soalnya udah kalut gak bisa ngomong. Pacar ngasih semangat, "Fokus, pasti angel tapi pasti isok kerjo kabeh. Doa sek sebelum masuk ruangan sama anak anak laine". Tegas mantap to the point.
Berangkat ujian dianter ayah, mama, eyang uti. Itu udah ngempet nangis (banget). Taulah rasanya nahan nangis yg bikin tenggorokan kaya semi-semi kecekek. Ya begitu itu. "Lancar ya mbak", kata mama.
Sampai di lobby GPP, udah ada banyak anak-anak. Terus ada Dinda sama Daus yg belain dateng demi ngasih semangat. Jadilah mbrebes mili terharu. Terus ada Nisya juga yg dateng mbawain susu sama cemilan buat nanti waktu di ruang karantina. I feel loved. Gak lama dr. Rahayu rawuh ngasih semangat juga, "Pasti akan ada soal yg susah, tapi jangan bilang aduh atau kalimat semacam itu. Itu bakal mensugesti untuk benar-benar tidak bisa. Kalo ketemu soal yg susah, bilang Ya Allah bantu saya". Dan itulah yang aku lakukan hampir sepanjang ujian. Nyebut di tiap ada soal yg aku rasa susah.
Which is separoh. Awalnya aku ngerjain lancar, begitu masuk 101 mulai susah menurutku. Jadi makin banyak yg aku tandai buat nanti aku review ulang. Begitu selesai sampai soal no. 200, liat jam sisa setengah jam. Begitu buka tab soal yg belum terjawab........totalnya 100. Yang sepuluh belum jawab, yang 90 masih ragu. HAHA MAMPUS GAK. Jadilah setengah jam itu dipake ngebut sambil udah berkaca-kaca.
Waktu keluar ruangan, Kun sama Renno bilang "Lumayan ya, gak sesusah yg kubayangin". Terus Takhta juga, "Udah mba Ran, udah selesai". Tapi akunya masih shock karena menurutku itu susah. Sampai di mobil ditanyain ayah bisa apa enggak, sampai dirumah juga ditanyain mama bisa apa enggak, jawabanku....gak bisa.
Nyampe kasur langsung telpon pacar, tapi gak diangkat. Wes nangis inggik-inggik. Eeeh gak lama pacar telepon, langsung byor nangis.
"Angel banget ta? Sampe separoh onok?"
"Ya gak sampe separoh se, 40an paling. Tapi aku takuuut. Lha yang lain kayanya bisa semua, kok mek aku tok sing kangelan", Aku gak berani bilang pacar kalo ragu-ragu sampe 100 biji soal.
"Yowes gak popo wes lewat pisan, kate yopo maneh. Wes saiki turu sek, istirahat sek ben tenang. Mene lagek mulai sinau osce".
Jadi begitulah, mau gak mau ya kudu tetep semangat mulai belajar buat ujian osce minggu depan.