Selasa, 21 Juni 2016
H-60 menuju UKMPPD.
Apa itu UKMPPD? UKMPPD adalah Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. Gampangnya ini adalah ujian final dari lika-liku panjang perjalanan dan persiapan menjadi seorang dokter.
Gak ada jalan pintas untuk sukses kecuali emang kamu siapin dari awal. Gak ada yang namanya joki-jokian atau bocoran kunci jawaban, makaaa di sinilah aku sekarang. Nyiapin ilmu dan mental untuk ujian tanggal 20 Agustus mendatang. Bahkan aku sampai ikut les. Yes, you read it right guys. Les. Aku les untuk bekal menghadapi ujian nanti. Lesnya les apa? Ya les semua materi yg bakal diujikan nanti which is materi selama 6 tahun kuliah yang akan tumplek blek ke dalam ramuan 200 soal dan 10 soal praktek. Dan ngomong-ngomong soal les, lesnya masuk hampir setiap hari dengan durasi setiap les minimal 5 jam. Ada fase intensif untuk review materi dan fase cepat untuk membahas soal latihan. Daaaaaan kebetulan aku sudah mulai capek, padahal lesnya belum kelar (kurang seminggu sih).
Selain les, nantinya juga akan ada bimbingan dari fakultas yang bakal dimulai setelah lebaran. Sejauh ini aku bersyukur, tim belajarku cukup suportif dan seimbang (dalam belajar, makan, tidur dan bermain). Jadi aku gak terlalu sumpek ngerasainnya. Tapiiii salah satu temenku bilang, "Kalo di awal masih oke sih Ran, tapi makin lama tuh sebenernya butuh juga temen yang heboh ngingetin belajar dan latihan soal ini itu". Iya juga sih. Temenku belom ada yang kaya gitu. Masih lempeng-lempeng aja sampai sekarang. Yang heboh ngingetin malah pacarku. Dia ujian duluan tanggal 21 28 Mei lalu, jadi dia tau banget gimana rasanya. Itu salah satu alasan kenapa dia rajin mengingatkan aku untuk belajar (cie).
Jadi intinya, sekarang lagi jenuh. Padahal separoh perjalanan aja belum. Mau ngeluh di medsos lain kok ya kelihatan banget. Iya aku anaknya gak mau kelihatan susah, sukanya dipendem sendiri sedih-sedih sendiri susah-susah sendiri, luarannya happy terus. Tumpahnya di beginian ini yang gak banyak orang baca hehe. Mau nulis di diary kok ya diary amat gitu rasanya. Begitulah.
Nulisnya udah kebanyakan kayaknya nih haha
Doakan aku kuat, sehat, ingatan hafalanku cespleng sampai nanti ujian tanggal 20 28 Agustus yaaa 😊