Kira-kira 1,5 tahun lalu. Pas jaman-jaman ribetnya nyari kuliah. Aku sama temen-temen seangkatan bener-bener dimudahkan. Kenapa gitu? Karena pas jamanku dulu ada buanyak banget jalur masuk yg tersedia. Jalur ini dibagi 3 kloter. Kloter sebelum SNMPTN, kloter SNMPTN, dan kloter sesudah SNMPTN. Ada PMDK Unair, UM UGM, USM ITB daerah maupun terpusat, Simak UI, Mandiri UM, SPKS UB tulis maupun non-tulis , SPMK UB. Banyak kan? Itu masih universitas negri, belom universitas swasta. Berarti masih buanyak lagi. Jadi kalo misalnya failed pas di awal-awal, masih ada kesempatan di SNMPTN. Kalo SNMPTN belom beruntung juga, berarti harus bener-bener berjuang di jalur akhir. Dan kemaren aku ketrima FKUB itu di jalur akhir yg harganya buset gila mahaaaaal.
Nah kalo sekarang, kebanyakan univ uda mulai membatasi jalur masuk. Beberapa univ negri cuma menyediakan SNMPTN sebagai satu-satunya jalur masuk. Mbayanginnya aja uda ketar-ketir. Jadi buat temen-temen yg sekarang lagi berjuang untuk unas maupun SNMPTN, semangat ya rek! Digetno belajarnya untuk beberapa bulan kedepan, jangan lupa berdoa juga supaya dikasi kemudahan. Semangat semangat! Sukses sukses!