Jadi kemarin ada info dari grup nasional kalo pengumuman tgl 24 September jam 00.00. Kalang kabutnya luar biasa. To be honest, beberapa hari sebelum ini aku sempat nangis-nangis minta maaf ke temen-temen, pacar dan orangtua kalo-kalo ternyata aku gak lulus. Setakut itu soalnya ujian CBT ku kemarin cukup hancur lebur menurutku.
Permintaan maaf pun dijawab dengan baik oleh temen-temen, "Udah gakpapa Ran, kita semua doain yg terbaik. Semoga lulus bareng-bareng. Amin".
Dijawab bijaksana juga sama ayah mama, "Kami ngerti gimana mbak Rani berjuang dan sudah mengusahakan sebaik mungkin, kalo nanti Tuhan belum mengijinkan ya gakpapa belajar lagi berusaha lagi. Ndak boleh patah semangat.".
Kalo pacar sih lebih ke gak terima gitu waktu aku minta maaf, "Kowe iku lho, gak usah ngomong sing aneh-aneh. Lek kedaden temenan piye? Wes ndungo o ae ojok mandeg".
Lain lagi sama Hega, "Feelingku kene lulus kok mbak, mek mboh nilaine piro. Tapi lek misale tibae aku sing gak lulus, aku ojok mbok tinggal yo mbak Ran. Tolong aku kancanono".
Dari jam 8 udah doaaaaa terus sambil dikit-dikit mbrebes. Tapi karena doanya ini di kasur jadi ada fase ketidurannya (geblek banget emang). Melek-melek udah jam 10. Lanjut novena lagi. Gitu terus sampe kira-kira jam setengah 12 an Hega mulai manggil-manggil di line. Aku sengaja gak buka karena tak pikir paling isinya Hega curhat deg-deg an juga kaya aku, takut juga kaya aku. Alhasil aku biarin sampe jam 23.50 akhirnya Hega nelpon,
"Mbak kene lulus mbak"
"Lho he kok wes ngerti, sing genah mbak"
"Wes onok pengumumane, wes metu. Jenenge kene onok"
"Mbak cek en maneh, iku pengumumane onok telu pasti. CBT, OSCE mbek full. Awakmu ndelok sing OSCE tok paling mbak, soale CBT ku wingi gak isooook"
Ini ngomongnya udah sambil nangis, bayangin gimana rasanya diberitau kalo kamu lulus. Tapi ternyata cuma salah satu ujian aja, which is itu berarti konklusinya kamu gak lulus. Jadi kaya habis melambung tinggi, terus dijelungupno.
"Yo sek tak delok e, ngkok tak telpon maneh"
........................................................ (isilah dengan isak tangis)(lebay memang)(tapi serius kejadiannya begitu)(nangis-nangis sambil deg-deg an nunggu Hega nelpon lagi)
"Mbak temenan lulus"
"Serius kene lulus?"
"Iyo kene lulus kabeh, telo lulus kabeh mbak" (telo itu nama grup belajarku, fyi)
"Yaampun mbaaak"
"Wes kono ndang muduno, ngomongo mamamu"
Begitulah telpon tengah malem paling heboh banyak nangisnya tapi bahagia. Saat itu juga aku langsung turun kasur terus ke kamar mama ngomong kalo lulus, terus pelukan.
Puji Tuhan aku lulus oneshoot! Terimakasih ayah mama dedek dan seluruh keluarga besar yg sudah mendoakan. Terimakasih pacar yg walopun luarnya cuek dan macak cool tapi ternyata diam-diam ikut kepikiran juga. Terimakasih teman-teman yg sudah menemani belajar dan tentunya mendoakan. Big thanks to Hega Rahmantya teman makan-belajar-curhat-nangis yg membawa kabar bahagia sukacita.