Thursday, July 14, 2016

One down, two more to go

"Ini ujian yang mana?"
"Ini ujian apa lagi?"
"Harus berapa kali ujian toh buat jadi dokter?"
"Ujianmu gak kurang akeh ta?"
Berikut beberapa pertanyaan yang sering aku terima dari temen-temen non-FK setiap aku cerita kalo mau ujian dalam waktu dekat.

Aku sendiri juga kadang bingung kenapa banyak banget ujian. Tapi ya sudahlah, toh tujuannya baik. Jadi ujian komprehensif ini sendiri bisa dibilang sebagai check point sekaligus exit exam fakultas.
Kenapa check point? Karena ujian kompre digunakan sebagai syarat untuk ke tahapan berikutnya yaitu bimbingan FK dan UKMPPD. Kalau misalnya gak lulus, ya berarti belom boleh menuju ke tahapan berikutnya dan harus nunggu kompre gelombang selanjutnya.
Kenapa exit exam? Karena ini ujian terakhir atas nama fakultas. Setelah ini (ukmppd) ujian atas nama nasional. Begitulah.

Kebetulan kemarin aku habis ujian kompre. Jumlahnya 200 soal cbt yang dikerjakan dalam waktu 200 menit. Persis seperti ukmppd. Karena memang tujuannya juga untuk melatih kami, memberi gambaran ke kami para mahasiswa ini bahwa beginilah kondisi ujian kami mendatang. Dua ratus menit duduk anteng menghadap komputer (dan menjawab soal tentunya, bukan ketiduran) hehe

Ada namaku ada namaku!

Daaaaan hari ini langsung pengumuman. Deg-deg annya udah dari kemarin sejak keluar dari ruang ujian. Pacarku juga kayanya deg-deg an. Biasanya dia yg lebih deg-deg an tapi ya gitu luarannya tetep keliatan tenang (atau aku yg geer gak tau juga sih). Yang jelas aku lebih deg-deg an lagi waktu sok-sokan ngebahas sama temen-temen dan tau kalo ternyata jawabanku banyak yang salah karena kurang teliti. Tapi puji Tuhan, AKU LULUUUS! Teman sekelas les-lesanku juga lulus semuaaa. Puji Tuhan. Dan ujian yang sebenar-benarnya udah hitungan 37 hari lagi dari sekarang.