Gak lupa melengkapi syarat-syarat khusus untuk prodi Patologi Klinik.
Sempat mengira kalo syarat TOEFL itu nanti waktu tes TOEFL berarti nilainya minimal harus 450, udah santai-santai ternyata maksudnya adalah sudah pernah mengikuti tes TOEFL dan dapet nilai minimal 450 untuk disertakan dalam berkas. Wah kelimpungan karena belum pernah tes, sedangkan batas waktu pengumpulan berkas adalah 2 hari lagi. Akhirnya coba menghubungi English First dengan harapan bisa tes sewaktu-waktu dan katanya bisa! Tapi hanya TOEFL Prediction. Yaudah lah ya, diikuti aja. Puji Tuhan nilainya lebih dari 450. Karena masih gak yakin, akhirnya ikut lagi TOEFL equivalent test di lembaga bahasa UB. Takutnya kalo-kalo yg nilai dari EF itu gak valid, seenggaknya udah siap cadangannya. Untungnya diterima-diterima aja, sampai hari briefing dan pengumpulan berkas juga aman-aman aja.
Lanjut ke psikotest, menurutku gak susah tapi gak boleh disepelekan. Tes TOEFL yaa lumayan lah ya, ada untungnya les dan ikut 2 kali tes sebelumnya. Nah, tes TPA ini yang ya ampun susahnyaaaa. Gak nyampe otakku buat mikir, jadi ya akhirnya kumaksilkan di topik yang aku merasa bisa. Lainnya? Pasrah.
Di hari pengumuman untuk ke tahap berikutnya aku ditemenin Agnes di rumah. Kami berdua sama-sama gak tenang. Dari jam 12 siang sudah bolak-balik refresh web page ppds UB. Akhirnya pengumuman muncul sekitar jam 5 sore menjelang maghrib. Waaaah senang banget sampe pelukan sama Agnes saking girangnya! Hari itu ditutup dengan gofood Keetjie dan makan bareng sama Agnes plus Billy yang menyusul ke rumah.
Malam itu mulai deg-deg an lagi karena ujian teori dan wawancara akan dilaksanakan 3 hari lagi, di hari yang sama! Menurut info dari beberapa senior, untuk tes wawancara hanya akan ditanya tentang kehidupan sosial. Gak ada menyangkut keilmuan. Jadi peernya adalah tes teori.
Sempat nyesel karena selama ini masih kurang belajar. Kebanyakan main, gegoleran dan jalan-jalan apalagi waktu ke Jakarta sebelum pengumuman itu. Penyesalan emang selalu muncul di akhir, kalo di awal namanya pendaftaran hehe hehehehehe
Senin, 30 September pagi berangkat ujian diantar mama. Mama yang bolak-balik Jakarta-Malang demi nemenin aku selama tahapan ujian. Ujian teori berjalan lancar walaupun ada beberapa soal yang aku ragu jawabannya. Ujian wawancara beneran cuma ditanya tentang sosial, tanpa nyenggol teori sama sekali. Ditanya hobinya apa, kujawab nyanyi dan berenang. Eh disuruh nyanyi! Bingung mau nyanyi apa akhirnya nyanyi reff Teman Hidup - Tulus. Cuma itu yang tiba-tiba terlintas di kepala.
Selesai semua rangkaian ujian, tinggal nunggu tanggal 11 Oktober untuk pengumuman final. Menyempatkan ke Puhsarang sama mama untuk doa di sana, beberapa hari setelahnya ke sana lagi sama Agnes dan Lucy. Kata mama, "Sudah diusahakan semaksimal mungkin, Tuhan tau yang terbaik untuk mbak Rani gimana. Jadi sekarang tinggal berdoa, pasrah aja."
Jumat, 11 Oktober 2019 jadi hari yang luar biasa mengharu biru. Puji Tuhan diterima jadi residen Patologi Klinik, periode Januari 2020. Hari itu denger mama telepon bilang, "Selamat ya mbak, mama senang, mama bangga sekali sama mbak Rani!"
Tuhan bekerja luar biasa.
Kalo bukan karena doa mama, doa banyak orang dan campur tangan Tuhan, gak mungkin bisa sampai di titik ini. Rasanya masih kayak mimpi.
Selamat sekolah lagi, Maharani!
Sempat mengira kalo syarat TOEFL itu nanti waktu tes TOEFL berarti nilainya minimal harus 450, udah santai-santai ternyata maksudnya adalah sudah pernah mengikuti tes TOEFL dan dapet nilai minimal 450 untuk disertakan dalam berkas. Wah kelimpungan karena belum pernah tes, sedangkan batas waktu pengumpulan berkas adalah 2 hari lagi. Akhirnya coba menghubungi English First dengan harapan bisa tes sewaktu-waktu dan katanya bisa! Tapi hanya TOEFL Prediction. Yaudah lah ya, diikuti aja. Puji Tuhan nilainya lebih dari 450. Karena masih gak yakin, akhirnya ikut lagi TOEFL equivalent test di lembaga bahasa UB. Takutnya kalo-kalo yg nilai dari EF itu gak valid, seenggaknya udah siap cadangannya. Untungnya diterima-diterima aja, sampai hari briefing dan pengumpulan berkas juga aman-aman aja.
Lanjut ke psikotest, menurutku gak susah tapi gak boleh disepelekan. Tes TOEFL yaa lumayan lah ya, ada untungnya les dan ikut 2 kali tes sebelumnya. Nah, tes TPA ini yang ya ampun susahnyaaaa. Gak nyampe otakku buat mikir, jadi ya akhirnya kumaksilkan di topik yang aku merasa bisa. Lainnya? Pasrah.
Di hari pengumuman untuk ke tahap berikutnya aku ditemenin Agnes di rumah. Kami berdua sama-sama gak tenang. Dari jam 12 siang sudah bolak-balik refresh web page ppds UB. Akhirnya pengumuman muncul sekitar jam 5 sore menjelang maghrib. Waaaah senang banget sampe pelukan sama Agnes saking girangnya! Hari itu ditutup dengan gofood Keetjie dan makan bareng sama Agnes plus Billy yang menyusul ke rumah.
Malam itu mulai deg-deg an lagi karena ujian teori dan wawancara akan dilaksanakan 3 hari lagi, di hari yang sama! Menurut info dari beberapa senior, untuk tes wawancara hanya akan ditanya tentang kehidupan sosial. Gak ada menyangkut keilmuan. Jadi peernya adalah tes teori.
Sempat nyesel karena selama ini masih kurang belajar. Kebanyakan main, gegoleran dan jalan-jalan apalagi waktu ke Jakarta sebelum pengumuman itu. Penyesalan emang selalu muncul di akhir, kalo di awal namanya pendaftaran hehe hehehehehe
Senin, 30 September pagi berangkat ujian diantar mama. Mama yang bolak-balik Jakarta-Malang demi nemenin aku selama tahapan ujian. Ujian teori berjalan lancar walaupun ada beberapa soal yang aku ragu jawabannya. Ujian wawancara beneran cuma ditanya tentang sosial, tanpa nyenggol teori sama sekali. Ditanya hobinya apa, kujawab nyanyi dan berenang. Eh disuruh nyanyi! Bingung mau nyanyi apa akhirnya nyanyi reff Teman Hidup - Tulus. Cuma itu yang tiba-tiba terlintas di kepala.
Selesai semua rangkaian ujian, tinggal nunggu tanggal 11 Oktober untuk pengumuman final. Menyempatkan ke Puhsarang sama mama untuk doa di sana, beberapa hari setelahnya ke sana lagi sama Agnes dan Lucy. Kata mama, "Sudah diusahakan semaksimal mungkin, Tuhan tau yang terbaik untuk mbak Rani gimana. Jadi sekarang tinggal berdoa, pasrah aja."
Jumat, 11 Oktober 2019 jadi hari yang luar biasa mengharu biru. Puji Tuhan diterima jadi residen Patologi Klinik, periode Januari 2020. Hari itu denger mama telepon bilang, "Selamat ya mbak, mama senang, mama bangga sekali sama mbak Rani!"
Tuhan bekerja luar biasa.
Kalo bukan karena doa mama, doa banyak orang dan campur tangan Tuhan, gak mungkin bisa sampai di titik ini. Rasanya masih kayak mimpi.
Selamat sekolah lagi, Maharani!

